728x90 AdSpace

  • Latest News

    SAMBUTAN KETUA UMUM DPP KONSAIN PADA ACARA PEMBUKAAN SILATNAS KE – 4 SANTRI DAN PEMUDA INDONESIA

    SAMBUTAN KETUA UMUM DPP KONSAIN PADA ACARA PEMBUKAAN SILATNAS KE – 4 SANTRI DAN PEMUDA INDONESIA DI KEBUN NKRI DI BUMI ETAM BERTEMPAT DI PONDOK PESANTREN SYAICHONA CHOLIL KALTIM PUSAT SEPINGGAN PADA HARI SABTU TANGGAL 31 OKTOBER 2015

    Assalamualaikum wr.wb. (Khutbah Iftitah) 
    Yang kami muliakan segenap para Alim ulama,
    Yang tehormat bapak Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Yang terhormat bapak gubernur Provinsi Kaltim,
    Yang terhormat bapak Pangdam VI Mulawarman,
    Yang terhormat bapak Kapolda Kaltim,
    Yang terhormat bapak Kepala Pengadilan Tinggi Kaltim,
    Yang terhormat bapak Kepala Kejaksaan Tinggi Kaltim,
    Yang terhormat bapak Ketua PWNU Kaltim
    Yang terhormat bapak Rektor Unversitas NU Kaltim
    Para peserta Silaturrahim Nasional Santri utusan pesantren atau madrasah dan para pemuda utusan Ormas dan Organisasi Kepemudaan dari seluruh Indonesia yang telah hadirpada Silaturrahim Nasional kali ini yang kami banggakan.
    Hadirin dan hadirat yang berbahagia
    Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah TuhanSang Maha pencipta segala sesuatu dari ketiadaan. Sholawat beriring salam semoga tetap tercurah kepada baginda Rasulillah, Sayyidina Muhammad ibni Abdillah saw, yang telah membawa risalah Rahmatan Lil Alamin, beserta segenap keluarga beliau, para sohabat beliau, dan para pengikut beliau ila yaumil qiyamah. Wa baduh :
    Pada hari ini, di Ponpes Syaichona Cholil Kaltim Pusat Sepinggan Balikpapan, kita hadir menyaksikan acara pembukaan Silaturrahim Nasional yang insya allah secara rutin akan diselenggarakan oleh perkumpulan Kontak Santri Agribisnis Indonesia yang disingkat dengan KONSAIN dengan tajuk: Silaturrahin Nasional ke-4 “Santri dan Pemuda Indonesia di Kebun NKRI di Bumi Etam”.
    Dimana sebelumnya di tempat ini juga, tadi malam telah diadakan dzikir dan istigosah atau do’a bersama untuk keselamatan bangsa dan Negara. Besok pagi, hari ahad tanggal 01 November 2015  rangkaian kegiatan berikutnya yaitu berupa praktek menanam bibit pohon kelapa sawit KONSAIN di kebun NKRI yang terletak di desa Suko Mulyo (SEMOI III) Kec. Sepaku Kab, Penajam Paser Utara dengan Motto : Mari Membangun Negeri, dengan menanam Bibit Pohon di kebun NKRI, untuk kesejahteraan semua anak negeri, KONSAIN satu NKRI !. Dan pada malam harinya, rangkaian kegiatan silaturrahim nasional santri dan pemuda Indonesia ini ditutup dengan acara tahlil dan do’a bersama, guna mengenang jasa para syuhada pahlawan nasional wabil khusus yang telah gugur pada peristiwa 10 November 1945, di Surabaya. Sepulangnya dari acara Silaturrahin Nasional ini para peserta yang terdiri dari santri utusan pesantren atau madrasah dan pemuda utusan dari Organisasi Kepemudaan se-Indonesia membawa oleh-oleh berupa surat kepemilikan saham kebun kelapa sawit KONSAIN masing-masing 10% dari 1 hektar atas nama lembaga, pesantren, madrasah, ormas, dan organisasi kepemudaan yang mengirim utusan sebagai peserta. Adapun tanggung jawab perawatan bibit pohon kelapa sawit yang telah ditanam,selanjutnya ada pada pihak manajemen pengelola kebun KONSAIN dimana ponpes Syaichona Cholil Kaltim selaku institusi bertindak sebagai pengelola dan penanggung jawab kebun KONSAIN guna mengulang sejarah upaya tawassulnya Syaichona Cholil bin Abdullatif Bangkalan pada saat menjadi santri di Banyuwangi yang bertindak sebagai pengelola kebun kelapa milik gurunya, dimana hasil produksi dari buah kelapa tersebut, oleh gurunya digunakan untuk kepentingan pendidikan dan sosial, guna membantu masyarakat di sekitar Banyuwangi.
    Begitulah rangkaian kegiatan Silaturrahim Nasional Santri dan Pemuda Indonesia di kebun NKRI di Bumi Etam, yang akan diselenggarakan secara rutin oleh KONSAIN pada setiap akhir bulan Oktober sampai awal bulan November, dalam rangka memperingati hari santri 22 Oktober, dimana kobaran semangat membela tanah air pada peristiwa heroik 10 November 1945 di Surabaya, yang kemudian diabadikan dan ditetapkan oleh Negara serta diperingati sebagai hari pahlawan nasional dipicu oleh keputusan wajibnya membela tanah air yang dihasilkan dari musyawaroh para santri Syaichona Cholil bin Abdullatif Bangkalan dari para ulama yang terhimpun dalam himpunan besar Nahdatul Ulama se-Jawa Madura pada tanggal 22 Oktober 1945 di Bubutan Surabaya, yang dikenal dengan Resolusi Jihad, yang Alhamdulillah baru diakui oleh Negara tentang keberadaan, peran, dan jasa para ulama pesantren dan para santri dalam mendirikan dan mempertahankan kedaulatan Negara Republik Indonesia melalui keputusan Presiden Republik Indonesia no. 22 Tahun 2015 ini, dengan ditetapkannya tanggal 22 Oktober sebagai hari santri nasional, yang merupakan tanggal keputusan musyawaroh para santri kala itu pada tanggal 22 Oktober 1945 di Bubutan Surabaya tentang hukum wajibnya membela dan mempertahankan kedaulatan Negara Republik Indonesia yang telah diproklamirkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 yang terkenal dengan keputusan fatwa hukum resolusi jihadnya.
    Hadirin hadirat yang dirahmati Allah,
    Acara Silaturrahim Nasional santri dan pemuda Indonesia di kebun NKRI di Bumi Etam, yang secara rutin akan diselenggarakan oleh KONSAIN  ini juga dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda tanggal 28 Oktober, dengan tujuan untuk memperkuat komitmen dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dari segenap para santri beserta segenap para pemuda se-Indonesia pada : pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI serta meneguhkan kembali sumpah yang telah diikrarkan oleh para pemuda Indonesia kala itu, pada 87 tahun yang lalu bahwa : Satu nusa, Satu bangsa, Satu bahasa, Satu tanah air yaitu Indonesia tercinta kita bela bersama, yang mana rangkaian kegiatan silaturrahim nasional santri dan pemuda Indonesia di  kebun NKRI di Bumi Etam ini di akhiri dengan acara tahlil dan do’a bersama mengenang jasa para pahlawan nasional yang telah gugur membela dan mempertahankan kedaulatan Negara Republik Indonesia. dan diharapkan dari kegiatan ini, nantinya segenap para santri dan para pemuda se-Indonesia dapat meneladani semangat mau berkorban yang telah dilakukan oleh para pahlawan bangsa, yang telah rela berkorban demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk mencapai cita-cita luhur bangsa yaitu kemerdekaan, perdamaian dunia, memajukan kesejahteraan umum, dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Bukan malah mengorbankan negaranya demi tegaknya kepentingan pribadi dan keluarganya.
    Para hadirin hadirat yang kami hormati,
    Segala sesuatu tidak akan mungkin terjadi dan terwujud tanpa kehendak, perkenan dan izin dari Allah swt. Dan agar supaya Allah swt. Berkenan dan mewujudkan cita-cita luhur bangsa ini, maka kita perlu memohon kepada Allah melalui perantara (Tawassul) dengan amal sholeh dengan cara memberikan manfaat kepada orang lain dengan mengharapkan balasan hanya semata dari Allah swt, sebagaimana tawassul seperti model ini pernah dilakukan oleh Syaichona Cholil bin Abdullatif Bangkalan pada saat menjadi santri di Banyuwangi.
    Hadirin hadirat yang terhormat,
    Sebagian besar pendiri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia ini masih santri atau pernah nyantri kepada Syaichona Cholil Bangkalan yang dihasilkan dari upaya tawassulnya Syaichona Cholil Bangkalan pada saat menjadi santri di Banyuwangi berupa berkhidmah atau mengabdi kepada gurunya sebagai pengelola kebun kelapa dan tukang kebun milik gurunya dengan diniatkan semata-mata mengharap balasan dari Allah berupa ilmu yang manfaat dan barokah dan agar supaya Allah swt, menjadikan semua murid-muridnya dijadikan orang yang bermanfaat kepada orang banyak karena sebaik-baik manusia adalah orang yang bermanfaat kepada manusia lainnya sebagaimana sabda nabi,: khoirunnas anfauhum linnas. Maka tidak heran jika semua murid-murid Syaichona Cholil Bangkalan menjadi tokoh panutan masyarakat di daerahnya masing-masing bahkan ikut andil membidani dan mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.
    Untuk itu, KONSAIN membudayakan tawassul dengan membangun kebun KONSAIN dengan cara membudayakan tawassul dengan amal sholeh berupa shodaqoh produktif untuk membangun sumber dana finansial melalui pembangunan kebun kelapa sawit KONSAIN di Kalimantan Timur untuk kepentingan pendidikan dan sosial se-Indonesia. Dan untuk itu pula, kami menyusun do’a tawassul KONSAIN Syaichona Cholil Kaltim yang diamalkan oleh setiap santri Syaichona Cholil Kaltim pada setiap pelaksanaan sholat maktubah secara berjamaah yang diberi judul : tawassul dengan fatihah dan surah yasin agar supaya tawassul dengan membangun kebun KONSAIN menjadi tradisi masyarakat Indonesia, demi keselamatan dan kejayaan bangsa dan Negara Indonesia tercinta, yang telah didirikan oleh santri-santri Syaichona Cholil Bangkalan. Dan diakhir acara ini nanti, do’a tawassul KONSAIN Syaichona Cholil Kaltim tersebut akan dibacakan agar supaya diamini oleh segenap para hadirin dan hadirot sehingga diharapkan semoga menjadi sebab dikabulkannya do’a tersebut oleh Allah swt. Dan dalam kesempatan ini pula, kami mengucapkan terimakasih yang tiada terhingga  kepada semua pihak yang telah membantu suksesnya acara Silaturrahim Nasional ke 4 Santri dan Pemuda Indonesia ini, baik bantuan berupa moril maupun materiil, semoga Allah swt membalasnya dengan balasan yang terbaik. Jazzakumullah ahsanal jaza’.
    Sebelum kami akhiri sambutan ini, kami mohon berkenan bapak Menteri Desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi ( yang dalam hal ini di wakili oleh dirjen penempatan transmigrasi kementerian desa, PDT dan transmigrasi RI ) berkenan memberi pengarahan, dan membuka secara resmi acara Silaturrahim Nasional ke 4 santri dan Pemuda Indonesia di kebun NKRI di Bumi Etam. Ditandai dengan pemukulan beduk sebanyak sembilan kali. Demikian yang dapat kami sampaikan, terimakasih atas segala perhatian dan mohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan
    Wallahul muwafiq ila aqwamitthariq,
    Wassalamualaikum wr. Wb.

                                                                                 Sepinggan, Sabtu 31 Oktober 2015
                                                                                        Ketua Umum DPP KONSAIN





                                                                                        KH. M. Ali Cholil

    • Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: SAMBUTAN KETUA UMUM DPP KONSAIN PADA ACARA PEMBUKAAN SILATNAS KE – 4 SANTRI DAN PEMUDA INDONESIA Rating: 5 Reviewed By: KONSAIN
    Scroll to Top