728x90 AdSpace

  • Latest News

    Ketua Umum Konsain Mengisi Stadium General Di IAIN Samarinda





    Ketua Umum Konsain Mengisi Stadium General Di IAIN Samarinda perkuliahan semester genap tahun 2015-2016



    Pada hari kamis 07 April 2016 M, bertepatan dengan tanggal 29 Jumadil Tsaniyah 1437 H, Institutut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda mengadakan kegiatan Studium General yang bertempat di Masjid Kampus II IAIN Samarinda Seberang, jln H.A.M Rifaddin Samarinda Seberang dengan tema “Peningkatan Kompetinsi Mahasiswa Berbasis Bebas Entrepreneurship Dalam Menghadapi Persaingan Bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)”.
    Turut serta hadir dalam kegiatan ini Pembantu Rektor III IAIN Samarinda Dr. Hj. Nur Toyyibah dan Direktur Pesantren Kampus II IAIN Samarinda serta memberikan sambutan tentang wawasan kemahasiswaan.
    Mengawali penyampaian kuliah umum, Ketua umum KONSAIN sekaligus pengasuh pondok pesantren Syaichona Cholil wilayah Kalimantan Timur (KH. M. Ali Cholil) yang merupakan cicit dari Syaichona Cholil bin Abdul Latif Bangkalan menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dan penghargaan kepada segenap civitas akademik IAIN Samarinda atas undangan menjadi nara sumber stadium general.
    Dalam penyampaiannya dengan penuh antusias, KH. M. Ali Cholil menegaskan bahwa peluang-peluang di Negara Indonesia ini sangatlah besar namun kurangnya pengelolaan yang serius dan digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat lil ghoir menjadi penyebab utama lahan-lahan khususnya terbengkalai. Dalam hal tersebut beliau mengupas tuntas tentang firman Allah SWT وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ Selama ini masyarakat indonesia lebih fokus pada usaha yang menguntungkan kepada individu masing-masing sehingga mengakibatkan kurangnya keterikatan emosional antara satu dan yang lain. Beliau juga menjelaskan tentang bagaimana lembaga pendidikan, dakwah dan sosial di indonesia ini bisa mandiri khususnya di bidang perekonomiannya.
    “Nyaris hampir tidak ada infaq dan shodaqoh yang bersifat produktif  ( hasil dari infaq dan shodaqoh dikelola untuk menghidupkan bumi Allah yang terbengkelai ) dan hasilnya untuk kemaslahatan umat”  dawuh beliau yang selama ini melihat kejanggalan di negara kita ini, dimana sudah menjadi rahasia umum bahwa ribuan rakyat miskin menjadi korban ketika mengantri untuk mendapatkan pembagian zakat. Dengan penjelasan yang panjang lebar belaiu menawarkan solusi untuk semua hal tersebut yaitu pengelolaan secara produktif harus dilakukan, karena selama ini cendrung kepada hal-hal yang bersifat konsumtif.
    Selaku ketua umum KONSAIN KH. M. Ali Cholil juga menjelaskan tentang Kontak Santri Agribisnis Indonesia membudayakan tawassul dengan shodaqoh produktif dan kegiatan produktif untuk membangun suber dana lembaga pendidikan, dakwah dan sosial se-Indonesia.
    Dengan penuh antusias KH. M. Ali Cholil memberikan paparan tentang agenda Kontak Santri Agribisnis Indonesia (KONSAIN) yaitu ; (1) Silaturrahim Nasional Konsain Santri dan Pemuda Indonesia di kebun NKRI di Bumi Etam pada setiap tanggal 30 oktober - 01 November di Ponpes Syaichona Cholil Kaltim pusat Sepinggan Balikpapan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 22 Oktober 1945, Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 dan Hari Pahlawan Nasional 10 November 1945. (2) Silaturrahim Nasional warga Nahdliyyin di kebun NKRI di Bumi Etam yang dirangkai dengan  rapat umum pemegang saham (tanda bukti patungan pembiayaan pembangunan kebun konsain) yang telah jatuh tempo bagi hasil SHU kebun konsain (6 tahun kemudian semenjak tanggal terdaftar kepemilikan saham/tanda bukti patungan pembiayaan pembangunan kebun Konsain) yang akan diselenggarakan pada setiap tanggal 29-31 Januari mulai tahun 2018 di Ponpes Syaichona Cholil Kaltim pusat Sepinggan Balikpapan. Dalam rangka memperingati HUT Provinsi Kaltim 1 Januari 1957 dan Hari Lahir NU 31 Januari 1926.  
     Dimana agenda tersebut bertujuan Memperkuat komitmen dalam kehidupan berbangsa dan bernegara pada PANCASILA, UUD 1945, BHINNEKA TUNGGAL IKA,  DAN NKRI, dan dalam rangka mencegah dan menangkal penyebaran  radikalisme dan aliran sesat serta paham yang menyimpang dari paham ahlussunnah waljamaah  yang bercirikan pada sikap I’tidal dan Tawassut (moderat / jalan tengah) Tasammuh (toleran) Tawazun (seimbang) guna menyelamatkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang telah didirikan oleh santri-santri Syaichona Cholil Bangkalan yang pada giliran berikutnya, pada akhirnya menyelamatkan dan mensejahterakan segenap warga negara Indonesia dimana ummat islam merupakan mayoritas warga negara Indonesia dan mayoritas ummat islam di seluruh dunia, dimana warga NU (Organisasi yang telah didirikan oleh santri-santri Syaichona Cholil Bangkalan) yang konon merupakan mayoritas ummat islam Indonesia.
    Terakhir KH. M. Ali Cholil juga mensosialisasikan 3 pedoman warga NU yaitu :

    • Mukaddimah Qonun Asasy Jam’iyah Nahdlatul Ulama yang ditulis oleh Hadratus Syaikh KH. M. Hasyim Asy’ar   
    • Khittah Nahdlatul Ulama yang merupakan salah satu keputusan muktamar NU ke 27 tahun 1984 di PONPES Sukorejo Situbondo   
    • Pedoman berpolitik warga NU keputusan muktamar NU ke 28 tahun 1989 di Krapyak Yogyakarta.


    Dawuh beliau “Diharapkan 3 pedoman warga NU tersebut dapat menjadi pedoman sikap dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dari segenap warga NU se Indonesia dalam kehidupan sehari-hari sehingga sikap segenap warga NU tersebut nantinya dapat berdampak dan menular menjadi sikap warga negara Indonesia dan sikap segenap ummat islam di seluruh dunia yang pada giliran berikutnya menjadi sikap seluruh penduduk dunia sehingga akhirnya terciptalah kerukunan dan perdamaian dunia dari segenap anak cucu Nabi Adam ‘alaihissalam. Amin……….. 3x ya rabbal ‘alamin.
    • Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Ketua Umum Konsain Mengisi Stadium General Di IAIN Samarinda Rating: 5 Reviewed By: KONSAIN
    Scroll to Top